ochimath

Just another WordPress.com site

Laporan Survey Warnet

SURVEY WARNET “AURORA”

A. PENDAHULUAN

Jaringan Komputer dapat diartikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer otonom. Dua buah komputer dikatakan membentuk suatu network bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Pembatasan istilah otonom disini adalah untuk membedakan dengan sistem master/slave. Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya aktif atau tidak aktif dan mengontrolnya, maka komputer komputer tersebut tidak otonom. Sebuah sistem dengan unit pengendali (control unit) dan sejumlah komputer lain yang merupakan slave bukanlah suatu jaringan; komputer besar dengan remote printer dan terminalpun bukanlah suatu jaringan.

Maksud dan tujuan dilakukannya survey ini adalah untuk mengetahui system jaringan apa yang dipakai “AURORA” sehingga dapat memenuhi tugas mata kuliah SISTEM KOMUNIKASI DATA yang diampu oleh Bp. Masduki.

DESKRIPSI TEMPAT SURVEY

“AURORA” terletak di depan kampus 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Lokasinya sangat strategis karena dekat kampus UMS. Warnet dengan kapasitas 32 bilik ini ramai dikunjungi oleh user-user langganannya. Terlebih mahasiswa yang sering browsing untuk mencari informasi dalam menyelesaikan tugasnya. Selain itu terdapat banyak fasilitas seperti, AC, ruang tunggu, toilet, mushola, dan menyediakan makanan dan minuman dengan  harga yang terjangkau.

HASIL SURVEY DAN PEMBAHASAN

Dari hasil wawancara yang kami lakukan dengan Sdr. Bambang Yuliawan,  di warnet “AURORA” menggunakan system jaringan dengan “Client-Server”. Jaringan Client-Serve, server adalah sebuah komputer yang menyediakan fasilitas untuk komputer-komputer yang lain di dalam suatu jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerimaatau yang menggunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh srver. Server di jaringan tipe client-server dapat disebut Dedicated server karena hanya berperan sebagai server saja yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation

Client server biasa di gunakan dalam membuat jaringan pada warnet, di mana di situ ada seorang server yang berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan fungsi dari client, tetapi client hanya bisa menerima layanan dari server tanpa bisa mengendalikan kinerja dari server, jadi dapat di simpulkan bahwa server berfungsi sebagai penyedia layanan dan client berfungsi untuk menerima layanan yang di berikan oleh server.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: